I made this widget at MyFlashFetish.com.

sumberdaya alam, sumberdaya manusia (petani) dan sumberdaya modal.

By Yusuke Blog's
Seorang petani menggarap sebidang tanah yang ia miliki bersama 2 orang anaknya. Petani tersebut memutuskan untuk menanam jagung dengan cara yang sangat tradisional, yakni mengolah tanah dengan menggunakan cangkul. Dalam proses produksi ini kegiatan mana yang menggunakan sumberdaya alam, sumberdaya manusia (petani) dan sumberdaya modal.



1. Sumberdaya alam (SDA) adalah adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainyapotensi sumber daya yang terkandung dalam bumi, air dan dirgantara yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. SDA dibagi menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Untuk kasus ini, yang termasuk SDA adalah jagung dan tanah dan merupakan SDA yang dapat diperbaharui karena tidak akan habis jumlahnya walaupun digunakan terus menerus tapi tetap harus kita jaga kelestariannya agar tidak merusak keseimbangan ekosistem.
2. Sumberdaya manusia (SDM) adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai mahluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam kasus ini yang termasuk SDM adalah tenaga kerjanya yaitu petani berserta kedua anaknya.
3. Sumberdaya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas. Contohnya : peralatan fisik, mesin, bangunan,dan dalam kasus ini yang termasuk sumberdaya modal adalah cangkul.
 

0 comments so far.

Something to say?


I made this widget at MyFlashFetish.com.